Selasa, 03 Februari 2015

Desain Rumah Unik Karya Seni Arsitektur

Ide Desain Rumah Masa Depan Unik Dan FuturistikSecara garis besar definisi rumah unik bisa mencakup arti yang luas, dengan kata lain letak keunikannya bisa dilihat dari model bangunannya atau material yan digunakan. Desain rumah unik sendiri biasanya berhubungan dengan desain arsitektur dimana pada bagian-bagian tertentu mendapat perlakuan secara khusus. Dengan keunikan tersebut rumah tidak hanya semata-mata media untuk berteduh atau
tempat berlindung seluruh anggota keluarga, tapi juga visualisasi karya seni yang umumnya mewakili karakter pemilik rumah. Rumah unik kadang merupakan bentuk ekspresi atau kreativitas seseorang yang memiliki skill dalam hal desain grafis untuk kemudian merealisasikannya dalam bentuk bangunan rumah.
Rumah unik dari hasil kreativitas orang yang berbeda, umumnya secara fisik juga berbeda model dan bentuknya. Intinya keunikan sebuah rumah sangat ditentukan oleh selera pemilik rumah sendiri. Dari sini kemudian muncul persepsi bahwa rumah yang terlihat unik dan menarik menurut pemiliknya, bukan berarti orang lain bisa mempunyai pendapat yang sama. Demikan juga sebaliknya, rumah yang menurut orang lain unik dan istimewa, belum tentu menarik bagi kita. Dengan kondisi ini dapat disimpulkan bahwa terlepas dimanapun letak keunikan sebuah rumah, bisanya desain unik tersebut memberi nilai kepuasan tersendiri bagi pemiliknya. Mengapa? Karena keunikan tersebut muncul dari kreativitasnya sendiri, sehingga apapun hasilnya itulah yang terbaik.
Jenis Rumah Berkarakter
Seperti yang dikatakan diatas, keunikan sebuah rumah umumnya dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti model bangunan, material yang digunakan, bahkan lokasi dimana rumah tersebut berdiri. Rumah unik yang dipengaruhi oleh material biasanya terkait oleh hobi yang dimiliki pemilik rumah dalam mengekspresikan diri. Keunikan karena material biasanya pemilik rumah menyukai permainan furnitur dan ornamen yang melibatkan material semacam kayu, bambu, dan kaca untuk kemudian diaplikasikan pada bangunan dibagian-bagian tertentu atau secara keseluruhan.
Jika semua sudah diaplikasikan dengan tepat dan cermat maka dengan sendirinya rumah menjadi lebih berkarakter dan memiliki ciri khas. Namun jangan salah, membuat desain rumah unik membutuhkan pengetahuan dan pengalaman yang cukup. Artinya tidak bisa dibuat serampangan atau asal jadi, semua butuh teori dan trik-trik khusus. Tanpa pengalaman dan pengetahuan, bukan rumah unik dan artistik yang kita dapat, namun bisa-bisa rumah terlihat aneh dan berantakan.
Model Interior Pada Desain Rumah Unik
Unik dari Sisi Eksterior dan Interior
Keunikan sebuah rumah tidak hanya terlihat dari tampilan luar atau eksteriornya saja namun juga harus diimbangi dengan interior ruangan yang juga unik. Untuk eksterior yang unik kita bisa mengaplikasikan sesuatu yang berbeda pada dinding atau fasad bangunan. Di area tersebut bisa kita beri lukisan timbul yang kita kreasikan dari material semen dengan finishing cat. Atau bisa juga dengan menempatkan patung ukuran besar di sisi taman atau akses ke pintu utama.
Kita juga bisa menciptakan keunikan pada interior ruangan misalnya dengan memasang stiker ukuran besar pada setengah bagian dinding atau secara keseluruhan. Pajangan atau karya seni khas daerah juga dapat memberi kesan unik yang lebih kental pada ruangan. Atau jika kita ingin lebih total membuat ruangan menjadi sangat unik, kita bisa membuat lukisan pada dinding dengan tema nuansa alam sehingga selain terlihat unik dan artistik, ruangan juga terasa sejuk dan nyaman. Bila kurang menyukai tampilan stiker, wallpaper, atau lukisan pada dinding, kita bisa mendapatkan kesan unik pada dinding dengan menghiasinya menggunakan batu alam atau menempelkan kolose potongan keramik. Unsur pencahayaan juga harus diperhatikan untuk memaksimalkan kesan unik pada ruangan. Tempatkan lampu dengan cahaya yang lebih terang, ingat jangan terpaku hanya pada satu lampu gantung, namun menambahkan satu atau dua lampu di area tertentu pada ruangan bisa menjadi pilihan supaya kesan unik lebih terasa.
Jenis - jenis desain unik :
Definisi desain rumah unik pada setiap orang bisa saja berbeda sebab dikatakan unik karena memang ada bagian yang tidak sama dengan desain rumah pada umumnya. Hal ini bisa kita lihat dari beberapa contoh rumah unik dengan model yang tidak biasa atau terletak di lokasi yang tidak umum, misalnya rumah kaca, rumah dari batu, rumah bambu, dan sebagainya. Sebagian orang mungkin menganggap hal ini sebagai sesuatu yang tidak lazim, namun banyak juga yang berpendapat bahwa itu adalah bagian dari karya seni arsitektur.
Sumber : rumahminimalissederhana.info

Tidak ada komentar:

Posting Komentar